USB Mountr

Hi, Cyra
Selamat Sore! Posting pertama :D
BEBASKANLAH DENGAN MENGGUNAKAN LINUX

Background_
Kita sebagai pengguna linux khususnya, sebagai pemula atau baru saja mengurungkan niat untuk mencoba atau move on ke linux untuk menjadikannya sebagai
Operating System utama pada laptop atau PC pasti akan mencoba dan munkin sering mengganti Distro Linuxnya. Saya sebut itu dengan panggilan DistroHoper. Kejadian yang terjadi dimana kita menginginkan suatu Sistem yang berOperasi sesuai dengan keperluan atau sesuai yang kita harapkan akan software yang kita pakai untuk menunjang kebutuhan akan fungsi perangkat lunak untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari.

Sebenarnya beberapa Distro Linux menyediakan beberapa jenis instalasi yaitu,
Live dan NetInstall. Dimana NetInstall adalah salah satu pilihan yang dapat kita pilih jika menginginkan Sistem Operasi yang dibangun sesuai keinginan dan kebutuhan kita sebagai user. Tidak ada lagi Bloatware atau aplikasi bawaan yang terinstall dalam Sistem Operasi yang kita pasang melalui metode instalasi NetInstall. Namun dengan instalasi dengan cara NetInstall kita membutuhkan koneksi internet, karena base sistem dan aplikasi lainnya tidak tersedia dalam paket instalasi tersebut.

To DRAMA...
Untuk beberapa orang kadang memburning CD/DVD instalasi itu ribet dan memakan waktu yang cukup lama. Bahkan ada kalanya kita waswas karena dengan terlalu sering memburning akan menyebabkan umur CD/DVD writer kita tidak panjang / cepat ruksak. Apa lagi kita juga memperhitungkan ketahan CD/DVD R untuk beberapa kali penggunaan saja yang membuat kita ogah menggunakannya. Alternativenya yang mempunyai USB Stick lebih memilih menggunakan flashdisknya sebagai media untuk instalasi dengan menggunakan USB writer untuk membuat bootable instalasinya.

DRAMA solved!
Jaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan Android! Walau pun bukan satu-satunya sistem operasi HP jaman now. Tapi kebanyakan pengguna HP lebih memilih menggunakan Smartphone yang bersistem operasi Android. Dan untuk mengatasi dan mengakhiri drama yang terjadi diatas, saya perkenalkan USB Mountr(Aplikasi Android).


Gambar Interface USB Mountr

Deskripsi_
USB Mountr adalah “A helper application to set the Mass Storage Device gadget up in Android kernels” atau aplikasi yang berguna untuk menjadikan device kita menjadi USB flash drive.

Bagaimana USB Mountr bekerja :
Dijelaskan bahwa, Kernel Android masih menyertakan komponen USB MSD di gadget perangkat mereka saat ini, meskipun sebagian besar tidak digunakan karena Android mulai menggunakan MTP. Beberapa ROM OEM masih menggunakannya untuk menyediakan "cakram" penginstal driver, tetapi sebaliknya tidak berguna.
Aplikasi ini memanfaatkan modul untuk memungkinkan Anda menggunakan perangkat Anda sebagai thumbdrive USB standar untuk tujuan, mis., Mem-booting distro ISO.

Apa itu USB MSD ?
USB mass storage device class atau Kelas perangkat penyimpanan massal USB (juga dikenal sebagai USB MSC atau UMS) adalah seperangkat protokol komunikasi komputasi yang ditentukan oleh Forum Implementer USB yang membuat perangkat USB dapat diakses oleh perangkat komputasi host dan memungkinkan transfer file antara host dan perangkat USB . Untuk host, perangkat USB bertindak sebagai hard drive eksternal; set protokol antarmuka dengan sejumlah perangkat penyimpanan.

Yuk, tambah dokumentasi Linuxnya! Biar bebas dari bayang-bayang pembajakan software


Artikel selanjutnya…



Referensi




0 comments:

Post a Comment