Bercermin Sejenak



Cermin yang ku tahu adalah suatu yang dapat memantulkan bayangan di depannya.

Apakah kau pernah bercermin ?’ semua orang pasti menjawab pernah.
Kau lihat seperti apa dirimu di cermin?’ semua orang menjawab itu seperti diriku dan itu memang aku.

Setelah kau lihat dirimu di cermin, ‘Tolong deskripsikan lah dirimu siapa!’ karena yang tahu siapa dirimu adalah dirimu sendiri.

Sekarang lihatlah kembali! Apakah kamu ...’

  • Sudah mencermini perilaku baik yang selalu kau dengarkan dari nasihat Ibu dan Bapakmu
  • Mencerminkan seseorang yang selalu bersyukur atas segala sesuatu yang telah diberikan kepadamu, entah itu cobaan ataupun rezeki.
  • Bisa menjadi cerminan untuk orang lain yang menganggapmu adalah seorang yang berperilaku baik.

Hanya kau yang bisa menjawab semua pertanyaan itu.

Aku pernah melihat cerminan diriku di air sungai yang jernih kala itu. Kulihat wajahku dengan mata tajam dan raut wajah yang kusam. Bahu yang tak tegap seperti memikul sesuatu yang begitu berat dengan tubuh itu.

Itu aku! Aku yang penuh keputus asaan dengan tujuan hidupku yang aku pun tak tahu harus mengejar apa. Tak ada yang bisa ku capai dengan hanya mengatakan apa yang ku inginkan. Tanpa berusaha untuk menggapainya, aku hanya memikirkannya saja.

Terjebak dalam keluh kesah ini aku bosan dan ku putuskan untuk bersinar.

Ku lihat sekali lagi diriku di depan cermin kaca. Dengan pemikiran yang lebih terbuka, tak pernah berhenti melangkah saat aku pernah terjatuh. Namun aku tak pernah ingin jatuh ke lubang yang sama untuk berulang kali.

Kutemukan ini diriku yang sebenarnya, yang selalu berusaha menjalani hari ini untuk masa depan yang lebih cerah. Seperti mentari yang selalu bersinar di pagi hari, aku lebih bersemangat di banding hari sebelumnya. Akhirnya kudapatkan diriku bersinar di cermin itu.

YESTERDAY IS HISTORY, TOMORROW IS MISTERY, AND TODAY IS OUR DAY

45 comments:

  1. Mantul om,, bercermin untuk berubah kearah yg lebih baik

    ReplyDelete
  2. Kebetulan ane juga lgi butuh banyak motivasi buat nguatin tekad, biar masa depan cerah, thanks gan atas motivasi nya...

    ReplyDelete
  3. semoga dengan sering bercermin kita semakin sadar siapa diri kita

    ReplyDelete
  4. Weh...puitis,,, susah dimengerti kalau tidak tahu semiotika linguistik dan jika ngomongin narsis yah,,,pasti berhubungan.. :-)

    ReplyDelete
  5. penting banget bercermin biar tau diri dan ga sombong :D

    Mampir ya Banyaktemplates.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Jodoh juga kadang cerminan diri gan...
    bercermin pada diri sendiri juga untuk introspeksi diri...

    ReplyDelete
  7. Mantab bro,,
    Kita juga sebagai manusia sudah sepatutnya bercermin dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan

    ReplyDelete
  8. Terima kasih gan, dg artikel kayak gini saya jadi sadar untuk bisa menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  9. Ak masih belum bisa membayangkan aku ini siapa? who am i, aku siapaa? Terkadang suka bertanya kepada orang lain dan disekitar, menyuruh mendiskripsikan ak ini apa, lalu ia enak sekali bercerita dari keburukan sampai ke bagusan yang kita miliki. Apakah orang seperti itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Apakah orang seperti itu ya? Yang kamu maksud kamu.
      Berterima kasihlah pada cerita orang lain tadi, karena dengan begitu kamu tahu letak kelebihan dan kekuranganmu.
      Tapi kalau kamu tidak merasa seburuk itu, tak usah dipikirkan. Cobalah menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari hari sebelumnya

      Delete
  10. keren isinya, sebenernya aku tipe orang yang menujukkan pada orang inilah aku,tapi kadang orang sekitar malah jelek2in aku, kek mereka gitu paling hebat. jadi sebel :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan. Memang kadang kita suka terbawa suasana
      Tapi alangkah baiknya kita fokus saja pada diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik

      Delete
  11. Mantep gan.
    FB setia wan
    Jadi ingat masa muda .
    Sering bercermin...
    Hahahahaha

    ReplyDelete
  12. saat bercermin, yang penting adalah tahu siapa diri ini?

    ReplyDelete
  13. cermin merupakan gambaran diri kita secara Visual

    ReplyDelete
  14. Percis banget sy jg ada sedikit mengulas dlm tulisan nobody's perfect.. Bahwa menulis jg adalah cermin bg diri sy sendiri... Apa yg kita tulis... Apa yg kita lihat dicermin mmg menggambarkan diri kita sesungguhnya... Nice. 😊

    ReplyDelete
  15. Sangat bermanfaat.. Jangan lupa kunjungi balik ya..

    ReplyDelete
  16. Wah Ternyata Cerminan Diri Kita Itu Bisa Di Lihat Dari Renungan Sejenak. Jadi Kita Tidak Perlu Berlebih - Lebihan Memuji Diri Kita Sendiri

    ReplyDelete